ToT (Training of Trainer) MYOB – Institut Manajemen Telkom

Baru-baru ini, Institut Manajemen Telkom bekerja sama dengan PT.Net21Plus dalam melaksanakan ToT (Traning of Trainer) MYOB, sebuah pelatihan aplikasi program MYOB bagi para dosen/staff pengajar program studi akuntansi IM Telkom. Pelatihan yang diselenggarakan pada 2 – 5 Juli 2013 ini diikuti oleh 10 peserta. Peserta mengikuti pelatihan dengan sangat antusias.

Pada hari pertama pelatihan, disampaikan materi tentang transaksi. Peserta langsung mengerjakan studi kasus untuk bagian transaksi dan troubleshooting yang saldo-saldo awalnya (setup) sudah disiapkan oleh trainer. Bagian transaksi sengaja diberikan pada awal pelatihan bertujuan agar peserta lebih paham dalam siklus transaksinya terlebih dahulu hingga menerbitkan laporan keuangan dari MYOB.

Di hari kedua, peserta mendapatkan materi tentang setup, yaitu berisi tentang setup data file, membuat daftar akun (chart of account), menentukan link account, membuat daftar persediaan barang, daftar customer dan supplier/vendor, memasukkan neraca awal, merinci ke buku besar pembantu untuk saldo piutang, persediaan dan persediaan (inventory), dan sebagainya. Pada bagian setup ini, peserta harus berhati-hati dalam menentukan setup, karena akan sangat berpengaruh saat dilakukan input transaksi selanjutnya.

Pada hari ketiga pelaksanaan training, peserta ditugaskan untuk mengerjakan soal latihan/studi kasus secara lengkap (pre-test), mulai dari bagian setup, transaction hingga troubleshooting. Peserta harus menyelesaikan studi kasus ini dalam waktu tidak lebih dari 60 menit. Hasil dari pre-test ini ditujukan untuk evaluasi kesiapan peserta dalam menghadapi qualification test di hari keempat. Juga disampaikan trik-trik pengerjaannya oleh trainer.

Pada hari keempat, merupakan hari terakhir pelaksanaan training, sekaligus dilaksanakan qualification test – level basic yang diikuti oleh 9 peserta. Satu orang tidak mengikuti test karena ada kegiatan lain. Test dilaksanakan pada 13.30 sampai 15.30. Mengingat waktu test hanya 120 menit, peserta berusaha semaksimal dan seteliti mungkin dalam mengerjakan. Dibutuhkan pemahaman, kecepatan dan ketelitian dalam mengerjakannya. Standar nilai kelulusan pun cukup tinggi, yaitu 80 point dari total 100 point.